Musrenbang, Bupati Thariq Modanggu : Menyusun Program Memperhatikan Tiga Aspek

Gorontalo Utara144 Dilihat

Gorontalo Utara, POROSNEWS.ID – Tujuan dilaksanakan Musrenbang Tingkat Kabupaten, untuk menyepakati permasalahan dan prioritas pembangunan daerah 2024. Kemudian juga melakukan penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan provinsi dan nasional serta melakukan klarifikasi program kegiatan yang merupakan kewenangan desa, kewenangan kabupaten yang sudah di usulkan berdasarkan hasil musrenbang kecamatan.

Hal itu disampaikan Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu saat membuka Musrenbang sebagai tahapan penyusunan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) Kabupaten Gorontalo Utara tahun 2024 yang bertempat di gedung Al Indah Kwandang, Kamis (7/4/2023).

Peran pemerintah daerah terhadap pemenuhan dasar masyarakat Bupati Thariq Modanggu menjadi penting, juga belum optimalnya implementasi penyelaggaraan system berbasis elektronik. Hal ini diminta agar bisa di perhatikan oleh pemerintah daerah khususnya organisasi perangkat daerah atau dinas-dinas terkait agar bisa menjawab persoalan-persoalan yang dihadapi oleh masyarakat.

“Program-program yang dihasilkan dari musrenbangda kali ini bukan hanya semata-mata berorientasi pada rutinitas tapi menghasilkan program yang benar-benar bisa memberikan dampak positif bagi daerah dan masyarakat secara berkelanjutan supaya bisa mendorong penghasilan daerah Gorontalo Utara yang masih jauh dari harapan,” kata Bupati Thariq Modanggu.

Karena kebutuhan yang meningkat ulas Bupati Thariq Modanggu, tentu kita tidak bisa berharap pada ketersediaan anggaran apalagi kita dengan daerah yang memiliki kapasitas fiskal yang rendah dan kita lebih banyak mengharapkan dari pusat sementara pendapatan daerah masih jauh dari harapan.

Dalam penyusunan program harus memperhatikan 3 aspek kata BupatiThariqModanggu, aspek ekonomi, aspek social dan aspek lingkungan.

“Inilah apa yang menurut saya dibahas di dalam musrenbang, program mana yang betul-betul memenuhi 3 unsur tadi yang bisa memberi dampak pertumbuhan ekonomi, memberi dampak positif dalam masyarakat, dan tidak merusak lingkungan atau tidak menggangu ekosistem” ungkap Bupati Thariq Modanggu.

Penulis : Abdul Azis U. Mahmud
Editor : M. R. Laiya