Ini Kata Bupati Thariq Modanggu Pada Sidang Paripurna LKPJ DPRD

Gorontalo Utara160 Dilihat

Gorontalo Utara, POROSNEWS.ID – Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban ini merupakan amanat regulasi tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Dengan berpedoman pada aturan dan mengingat penyelenggaraan pembangunan daerah pada tahun 2022 telah berakhir, maka kepala daerah berkewajiban menyampaikan LKPJ akhir tahun 2022 kepada DPRD melalui rapat paripurna, jelas Bupati Gorontalo Utara Thariq dihadapan sidang Paripurna yang bertempat di kantor DPRD, Senin (3/4/2023).

Sehingga kata Bupati Thariq Modanggu untuk mempresentasikan kemajuan penyelenggaraan pemerintahan dan kinerja pembangunan yang telah dicapai selama anggaran tahun 2022.

LKPJ di Gorontalo Utara tahun 2022 ulas Bupati Thariq Modanggu, disusun berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah tahun 2018 sampai tahun 2023, rencana kerja pembangun daerah tahun 2022, kebijakan umum dari ABPD serta prioritas plafon anggaran APBD Gorontalo Utara Tahun 2022.

Berdasarkan RPJMD Kabupaten Gorontalo Utara tahun 2018-2023 kata Bupati Thariq Modanggu melalui visi ceria unggul dan sejahtera di poros maritim utara Indonesia 2023 .

Untuk mewujudkan visi ini ungkap Bupati Thariq Modanggu dikembangkan 5 misi diantaranya membangun sumber daya manusia yang cerdas, empati, ramah, inovatif dan amanah, baik SDM aparatur maupun SDM masyarakat, mengembangkan posisioning Gorontalo Utara di antara dari 2 Provinsi yakni Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Sulawesi Tengah serta perairan dunia menjadi modal utama kemajuan dan kesejahteraan yang berkeadilan, mempercepat kesejahteraan Gorontalo Utara dengan membangun infrastruktur dan program strategis kesejahteraan, meningkatkan kualitas lingkungan, keseimbangan gender dan ramah anak, melambangkan kehidupan beragama dan berbudaya secara produktif, harmonis dan berkelanjutan.

Dalam dokumen RPJMD yang menjadi salah satu fokus pembangunan masyarakat dan daerah adalah pembangunan program jariyah Bupati dan Wakil Bupati terpilih Indra Yasin – Toriq Modanggu secara sederhana menjadi tri darma pengabdian yaitu membangun keluarga, membangun desa dan membangun Gorontalo Utara.

Keseluruhan program tersebut selanjutnya di akomodasi oleh perangkat daerah menjadi program yang mendukung terlaksananya program.

Untuk itu, atas nama pemerintah daerah saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada segenap pimpinan anggota DPRD yang telah menjalankan fungsi legislasi dan pengawasan optimal terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah Gorontalo Utara sepanjang tahun 2022.

Penulis : S. Usman
Editor : M. R. Laiya