Bupati Thariq Modanggu Yakin Desainer Gorut Mampu Bersaing Dimanca Negara

Gorontalo Utara124 Dilihat

Gorontalo Utara, POROSNEWS.ID – Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia cukup mempuni serta menggiurkan yang dimiliki oleh Gorontalo Utara, bukan saja mahir dibidang pertanian, ekonomi dan politik, namun buktinya daerah memiliki desainer yang tidak kalah dengan daerah lainnya.

Desainer asal Desa Leboto, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara Ramli, salah satu desainer terpilih pada ajang Indonesia Fashion Week 2023 di Jakarta tanggal 22 sampai 26 Februari pekan kemarin.

Dalam Indonesia Fashion Week dengan tema “Sagara Hulondhalo” menjadi ajang untuk eksplorasi pakaian adat Indonesia yang sudah 10 tahun berjalan, khususnya “Karawo” di tahun 2023, bertujuan untuk mengenalkan fashion tradisional dari seluruh wilayah Indonesia, juga untuk meningkatkan perekonomian Indonesia.

Melalui unggahan video di akun youtube Indonesia Fashion Week Official, Ramli atau Alfaza Otabiu menampilkan 10 desain kain karawo yang ia beri nama Motabi Etnik.

Desain rancangan Alfaza Otabiu terlihat sangat mengangkat ciri khas budaya Gorontalo yang eksotis ditambah dengan sulaman kain Karawo dengan corak budaya lokal memberikan nuansa campuran antara desain modern dan budaya lokal Gorontalo.

Indonesia Fashion Week ini dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Gorontalo Utara, Ny. Mariati Modanggu Mohammad bersama tim, menampilkan video kompilasi destinasi wisata eksotis Gorontalo Utara dan juga timnya, Mariati memperkenalkan produk UMKM lokal Gorontalo Utara seperti Kopi Otabi’u, Bambu Burik, Kopi semut, gula aren, serta beberapa produk UMKM lokal lainnya.

Jadi, beberapa konten video IFW yang di tampilkan pada penutupan event itu melalui seleksi Bank BI yang juga sudah dikoordinasikan Oleh Plh. Kadis Perindagkop Gorut Grace dan Ketua Dekranasda selaku ketua Penggerak PKK isteri tercinta, ungkap Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu saat dikonfirmasi media porosnews.id, Rabu (1/3/2023).

Dan saya memantau langsung melalui chanel youtube mengenai gelaran IFW 2023 yang ditutup dengan show bertajuk Enchanting Karawo Menghighlith kain karya beberapa desainer ternama yakni Poppy Dharsono Naniek Rachmat, Ai Syarif 1965, ENIJOE INDONESIA, Wigyono, dan pemenang Indonesia Young Fashion Designer Competition (IYFDC) 2023 yakni Mohammad Ramdhan Mopangga atatu ‘Te Thuna’ dari Gorontalo.

“Kedepan Gorontalo Utara bukan hanya dibagian Desainer, saya yakin Gorontalo Utara akan mampu bersaing bukan hanya di Nusantara akan tetapi di manca Negara,” kata Bupati Thariq Modanggu.

Mengapa tanya Bupati Thariq Modanggu, karena “Gorontalo Utara dibesarkan di Nusantara dan Nusantara dibesarkan di Gorontalo Utara.

Bukan saja hebat pada sumber daya alam dan sumber daya manusia ulas Bupati Thariq Modanggu, tapi Gorontalo Utara berhasil menampilkan suguhan-suguhan menarik yang juga pernah mewakili Indonesia dipaggung ASIA melalui ajang seni dan budaya ditahun-tahun sebelumnya yaitu Tarian Polahi dan Maluo Huta.

Apa lagi baru-baru ini Gorontalo Utara juga kata orang nomor satu di daerah Bupati Thariq Modanggu, menampilkan tarian kreasi di Negeri Belanda melalui garapan sanggar seni Gorontalo. Jadi saya optimis Gorontalo Utara selalu terdepan jika kita semua konsisten dan solid untuk kemajuan daerah tercinta.

Penulis : S. Usman
Editor : M. R. Laiya