Penyusunan RTRW 20 Tahun Kedepan Telah Menemukan Arah Yang Tepat

Kota Gorontalo162 Dilihat

Kota Gorontalo, POROSNEWS.ID  – Tujuan kebijakan dan strategi penataan ruang wilayah Kabupaten Boalemo kedepan, untuk mewujudkan wilayah kabupaten yang produktif dan berkualitas bagi kehidupan dengan memanfaatkan sumberdaya berbasis pertanian dan pariwisata yang berkelanjutan.

Itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Boalemo, Sherman Moridu saat menutup Konsultasi Publik 1 Penyusunan Konsep Rencana Revisi RTRW Kabupaten Boalemo tahun 2023 didampingi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Supanndra Nur dan Sekretaris Ronny Taningo yang bertempat di New Rahmat Hotel Kota Gorontalo, Sabtu (15/4/2023).

Strategi penataan ruang meliputi strategi perwujudan pengembangan wilayah ulas Sekretaris Daerah Sherman Moridu dan strategi pengembangan ruang fungsional, strategi pengaturan dan pengendalian, strategi pemanfaatan sarana, dan lainnya.

Rencana struktur ruang wilayah Kabupaten Boalemo ujar Sekretaris Daerah Sherman Moridu kedepan meliputi pusat kawasan industri, pemanfaatan prasarana, kawasan lindung dan lainnya.

Kontribusi Kabupaten Boalemo kata Sekretaris Daerah Sherman Moridu terhadap pembentukan ekonomi provinsi sebesar 13,11 ditahun 2020 dengan nilai rata-rata pertumbuhan 6 persen setiap tahun sebelum pandemi, dan sektor paling besar berkontribusi adalah pertanian sebesar 55,81 persen. Sementara sektor yang tumbuh signifikan yakni sektor yang kurang memiliki dampak terhadap perbaikan kesejahteraan masyarakat secara luas.

Saya berharap melalui penyusunan rencana tata ruang wilayah Kabupaten Boalemo 20 tahun mendatang, dapat menemukan arah kebijakan yang tepat agar Boalemo kedepan menjadi lebih maju dari sebelumnya.

Penulis : S. Usman
Editor : M. R. Laiya