Pemda Gorut Menerima Kunjungan Basarnas Provinsi Gorontalo

Gorontalo Utara175 Dilihat

Gorontalo Utara, POROSNEWS.ID
Kedatangan kami dari Basarnas Provinsi Gorontalo untuk mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Gorontalo Utara yang selama ini telah mendukung kami dalam hal dibidang kemanusiaan.

Tanpa dukungan pemerintah daerah atau instansi lainnya kami tidak bisa melakukan apa-apa, ucap Haryanto saat beraudensi dengan Sekretaris Daerah Suleman Lakoro diruang kerja di kantor bupati, Rabu (5/4/2023).

Rasa terima kasih tidak pernah terlewatkan dari bapak Haryanto yang merupakan pimpinan baru di Kantor Basarnas Kota Gorontalo yang ditujukan kepada Pemerintah Daerah Gorontalo Utara yang selama ini telah melakukan kerja sama dengan baik dan masih memberikan dukungan hingga saat ini.

Ia pun menghimbau dari Tim Basarnas kepada masyarakat agar segera menghubungi langsung tim basarnas jika sewaktu-waktu terjadi musibah berupa bencana alam.

“Apabila ada masyarakat disini yang terkena musibah hubungi kami, kapan pun kami siap, mau di telepon pagi, siang atau malam pun kami siap, intinya 1×24 jam kami siap,” kata Haryanto.

Tidak lupa, pihak basarnas juga menyampaikan bahwa setiap tahun, basarnas mengadakan program pelatihan untuk semua masyarakat yang ingin menjadi relawan di Tim SAR, tujuannya tidak lain ingin menambah personil di lapangan. Dikarenakan hingga saat ini pihak basarnas masih kekurangan sumber daya manusia untuk menjadi relawan.

Selain itu, pihak basarnas pun akan melakukan penyuluhan ke setiap desa dalam hal ini merupakan program pemberdayaan masyarakat, khususnya masyarakat yang tinggal di desa rawan bencana, agar masyarakat bisa tahu hal apa yang harus di lakukan ketika bencana tiba-tiba menimpa desa yang ditempati.

Setidaknya masyarakat sudah memiliki bekal wawasan untuk pertolongan pertama, jadi kita akan memberikan ilmu SAR tentang tata cara bagaimana memberikan pertolongan pertama terhadap dirinya, keluarganya dan masyarakat setempat apa bila ada bencana.

Sekretaris Daerah Gorontalo Utara Suleman Lakoro pun menyambut baik maksud dan tujuan dari tim basarnas, dengan mengucapkan terima kasih juga kepada pihak basarnas yang selama ini telah melakukan tugasnya dengan baik dan memohonkan maaf kepada pihak basarnas, karena ia masih merasa selama ini pemerintah daerah Gorut masih memiliki banyak kekurangan dalam hal untuk membantu atau mendukung pihak basarnas dalam melakukan tugasnya. Dengan harapan kedepanya bisa menjadi yang lebih baik lagi.

“Kami juga mau mengucapkan terima kasih banyak, walaupun selama ini masih memiliki banyak kekurangan dan Insya Allah kedepan bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya,” ujar Sekretaris Daerah Suleman Lakoro.

Penulis : Abdul Azis Mahmud
Editor : M. R. Laiya