Bupati Thariq Modanggu Bangga Warganya Memproduksi Mesin Perontok Jangung Dan Padi

Gorontalo Utara121 Dilihat

Gorontalo Utara, POROSNEWS.ID – Gagasan luar biasa yang di implementasikan dengan memproduksi mesin perontok jagung yang merupakan buatan masyarakat Gorontalo Utara.

Ini bagian kreativitas dan inovasi masyarakat lokal dan sebagai pemerintah daerah wajib mendukung dan mengapresiasi ciptaan mesin lokal, ungkap Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu saat meninjau lokasi mesin perontok di Tolinggula, Jumat (24/2/2023).

Mesin perontok ini tercipta karena melihat potensi pertanian kita yang sangat luar biasa ulas Bupati Thariq Modanggu sehingga CV. Sinar Las, siapa lagi kalau bukan Saripin Nusi yang memproduksi mesin perontok jagung.

Sementata Saripin Nusi saat diwawancarai media menjelaskan bahwa ia membangun usaha sejak tahun 2000 sampai saat ini usahanya dapat memproduksi mesin perontok jagung dan padi yakni 20 unit perbulannya.

“Mesin perontok ini bukan saja dijual skala lokal tapi sudah kelauar daerah, misalnya ke Buol Sulawesi Tengah terjual 2000 unit,” ungkap Saripin Nusi.

“Gagasan atau ide membuat mesin perontok itu ia dapat pada saat menjadi buruh di Kota Gorontalo sejak muda, setelah merasa cukup dan memiliki modal usaha dari hasil bekerja, ilmu itu selanjutnya ia kembangkan menjadi usahanya sendiri,” jelas Saripin Nusi.

Saya saat ini memiliki 3 orang tenaga teknis yang ia pekerjakan di rumah produksi, beralamat di Desa Tolinggula Ulu, Kecamatan Tolinggula.

Ini juga tidak hanya seputar mesin perontok jagung dan padi saja ujar Saripin Nusi, saya dan karyawan membuat properti rumah seperti pagar rumah dari besi, pintu toko dan berbagai macam properti dari besi.

Harapan saya agar usaha ini dapat di lirik oleh pemerintah daerah dan terdaftar sebagai acuan pertama pada penganggaran dana desa, sehingga saya dapat kembangkan dan juga tujuannya untuk kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat di Gorontalo Utara khususnya di Desa Tolinggula Ulu.

Kemudian Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, begitu turun meninjau langsung tempat produksi milik Saripin Nusi, saya merasa bangga dengan usahanya itu karena dirintis sudah bertahun-tahun.

“Alhamdulillah kita bisa sudah lihat ada warga lokal sudah punya produksi sendiri mesin perontok jagung dan padi, hal ini perlu diikuti oleh warga Gorut lainnya,” harap Bupati Thariq Modanggu.

Saya meminta hal ini dicatat dan masuk dalam daftar catatan khusus Bupati melalui crew Ring Satu, sehingga akan berkelanjutan sebagaimana harapan kita bersama demi dan untuk masyarakat Gorontalo Utara.

Penulis : S. Usman
Editor : M. R. Laiya