STBM Untuk Menjaga Kesehatan Warga Desa

Info Desa306 Dilihat

Boalemo, POROSNEWS.ID – Sanitasi total berbasis masyarakat adalah kondisi ketika suatu komunitas dan masyarakat misalnya stop buang air besar sembarangan (BABS), cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum, pengamanan sampah rumah tangga dan pengelolaan limba cair rumah tangga.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Puskesmas Paguyaman Pantai dr Zubaidah Ali Rauf melalui penanggung jawab program Umrin Ibrahim, S.KM., saat kegiatan pemicuan sanitasi total berbasis masyarakat yang bertempat di Desa Olibu, Kamis (11/5/2023).

Pemicuan sanitasi total berbasis masyarakat kata penanggungjawab program Umrin Ibrahim merupakan bagian dari agenda Puskesmas Puskesmas Paguyaman Pantai dalam rangka menjaga kesehatan lingkungan masyarakat desa.

“Sanitasi total berbasis masyarakat adalah pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan,” ujar Umrin Ibrahim.

Diharapkan dengan pemicuan sanitasi total berbasis masyarakat di Desa Olibu lebih memperhatikan dan menjaga kebersihan yang dimulai dari kebersihan lingkungan masing-masing warga.

Sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan warga Desa Olibu dan mencegah tercemarnya lingkungan serta mencegah timbulnya berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kurang bersih dan sehat.

Penulis : S. Usman
Editor : M. R. Laiya