Presiden Joko Widodo : Fokus Hilirisasi Dan Jangan Takut Ada Gugatan WTO

Nasional389 Dilihat

Jakarta, POROSNEWS.ID – Konsistensi hilirisasi merupakan kunci Indonesia untuk melompat dari negara berkembang menjadi negara maju.

Hal itu disampaikan kembali oleh Presiden Indonesia Joko Widodo saat menghadiri Mandiri Investment Forum 2023 di Jakarta, Rabu (1/2/2023).

“Memerintahkan jajaran pemerintah untuk fokus melakukan hilirisasi. Jangan takut hanya karena ada gugatan dari Organisasi Perdagangan Dunia (WTO),” tegas Presiden Joko Widodo.

Dan jangan berpuas diri terhadap keberhasilan hilirisasi nikel. Pemerintah akan melanjutkan hilirisasi pertambangan ke komoditas lainnya, seperti bauksit dan tembaga.

“Nilai tambah yang dihasilkan oleh hilirisasi sangat besar. Proyeksi dampak hilirisasi minerba dan gas akan menambah Produk Domestik Bruto (PDB) dan membuka lapangan kerja hingga 8,8 juta,” jelas Presiden Joko Widodo.

Saya menitipkan pesan kepada para pelaku perbankan untuk ikut serta mengawasi dan mendorong kebijakan hilirisasi di Tanah Air. Salah satunya dengan mempermudah pengajuan kredit bagi badan usaha maupun perorangan yang akan membuat smelter.

Penulis : S. Usman
Editor : M. R. Laiya