Poster Ikan Mas Inovasi PKM Paguyaman Pantai

Info Desa306 Dilihat

Boalemo, POROSNEWS.ID – Posyandu terintegrasi jadikan masyarakat sehat (Poster Ikan Mas) merupakan program inovasi Puskesmas Paguyaman Pantai dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Kegiatan ini meliputi posyandu balita, posyandu remaja, posyandu lansia, pemeriksaan kesehatan gratis, deteksi dini penyakit tidak menular dan penemuan kasus penyakit menular serta penyuluhan kesehatan dan pelayanan vaksinasi untuk dosis 1, 2 booster 1 dan booster 2, jelas Ketua Pokja upaya kesehatan perseorangan puskesmas paguyaman pantai dr. Sity Rahma Darman, Kamis (15/2/2023).

Pelayanan upaya kesehatan perseorangan ulas dr. Sity Rahma Darman, tidak hanya bisa dilakukan di dalam gedung (pukesmas) tapi dapat dilakukan di luar gedung. Selain itu, untuk membangun kerja sama lintas program di puskesmas, inovasi ini dimaksudkan agar memudahkan seluruh masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan terutama di desa-desa dengan akses ke puskesmas yang sulit.

Meskipun kondisi musim penghujan yang mengguyur paguyaman pantai, tapi antusias tenaga kesehatan di pusmesmas paguyaman pantai tetap semangat demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, jelas Ketua Pokja UKP dr. Sity Rahma Darman di Desa Towayu, Kamis (16/2/2023).

Ditambahkan oleh Kepala Puskesmas Paguyaman Pantai dr Zubaidah Ali Rauf, walaupun lokasi yang menjadi tempat inovasi program poster ikan mas berada di wilayah Desa Towayu, cukup jauh dari puskesmas paguyaman pantai tapi demi kesehatan masyarakat, puskesmas paguyaman pantai tetap melaksanakan kegiatan poster ikan mas, meskipun harus melewati gunung dan akses jalan yang sering longsor.

Selain itu, Pembina Desa Towayu Andri Yani, Amd., Kep., saat di konfirmasi selesai kegiatan menyampaikan, atas nama masyarakat dan Pemerintah Desa Towayu menguncapkan banyak terima kasih kepada puskesmas paguyaman pantai yang sudah menjadwalkan kegiatan di desa towayu.

Masyarakat sangat senang adanya kegiatan seperti ini ujar Andri Yani, apa lagi pelayanan kesehatan gratis bagi semua masyarakat dan mereka tidak bersusah payah lagi datang ke puskesmas mengingat kondisi sekarang musim hujan.

Penulis : S. Usman
Editor : M. R. Laiya