PKM Paguyaman Pantai Menghimbau Warga Waspada Penyakit Malaria

Info Desa158 Dilihat

Boalemo, POROSNEWS.ID – Malaria merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit Plasomodium. Penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles betina yang terinfeksi parasit tersebut.

Gigitan nyamuk membuat parasit masuk, mengendap di organ hati, dan menginfeksi sel darah merah, jelas penanggung jawab program puskesmas paguyaman pantai Silvanti Dewi, Amd.Kep., untuk menghimbau masyarakat, Selasa (7//3/2023).

Selain melalui gigitan nyamuk, ulas Silvanti Dewi, Amd.Kep.,
terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan malaria dan dapat menyebar menyangkit manusia seperti melalui donor organ, transfusi darah, berbagi pemakaian jarum suntik, dan janin yang terinfeksi dari ibunya.

Sehubungan dengan ditemukannya kasus malaria di luar paguyaman pantai, maka kami puskesmas paguyaman pantai menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada.

Dalam mencegah penyakit malaria dengan cara :
1. Gunakan kelambu ketika tidur.
2. Memakai pakaian serba panjang seperti celana dan lengan panjang selama beraktivitas.
3. Hindari meletakkan pakaian basah di dalam rumah karena dapat menjadi tempat persembunyian nyamuk.

Ditempat yang sama, Kepala Puskesmas Paguyaman Pantai dr Zubaidah Ali Rauf menyampaikan, karena kasus yang ditemukan itu di luar paguyaman pantai, maka kami mengharapkan kepada masyarakat paguyaman pantai yang pulang dari tambang agar bisa melakukan skrining/deteksi dini di puskesmas.

Penulis : S. Usman
Editor : M. R. Laiya