Peran Aktif Keluarga Dan Masyarakat Sangat Penting

Boalemo477 Dilihat

POROSNEWS.ID, Boalemo – Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) suatu kegiatan yang difasilitasi oleh UPTD Puskesmas Saritani dalam rangka peningkatan peran aktif suami, keluarga dan masyarakat.

Baik dalam perencanaan penyampaian yang aman dan persiapan penanganan komplikasi bagi ibu hamil, termasuk perencanaan penggunaan kontrasepsi pasca persalinan, tutur Kepala Puskesmas Saritani di dampingi Ketua IBI Boalemo, Susanti Pahrun, S.ST., pada Rapat Koordinasi, Rabu (15/5/2024).

Jadi peran aktif keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan menghadapi komplikasi serta tanda bahaya kebidanan bagi ibu, sehingga bersalin dengan aman dan melahirkan bayi yang sehat.

“Program Perencanaan Persalinan dan Komplikasi menuju keluarga sehat sejahtera menjadi penting di utamakan,” tegas Kepala Puskesmas Saritani.

Diharapkan melalui pelaksanaan P4K ini, dapat dipantau secara intensif kondisi ibu hamil supaya dapat menjalani proses kehamilan, persalinan, dan setelah bersalin, dengan aman dan selamat, serta bayi yang dilahirkannya sehat, sehingga berkontribusi dalam percepatan penurunan kematian ibu dan bayi. (Adv).

Penulis : Siskawati Usman
Editor : Moh. Rizal Laiya