Kunjungan Komperatif Pemkec Botumoito Disambut Kadisos Minut

Sulawesi Utara125 Dilihat

Minahasa Utara, POROSNEWS.ID – Kepala Dinas Sosial serta Pemberdayaan dan Desa Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara, Drs. Alpret Pusungulaa, MAP., didampingi jajarannya menyambut kunjungan kerja Pemerintah Kecamatan Botumoito, Pemerintah Desa, Kaur Keuangan dan BPD, didampingi Kepala Dinas Kominfo Boalemo Ulkia Kiu dan Kabid Kominfo, yang bertempat di kantor dinas sosial Minahasa Utara, Kamis (13/10/2022).

Kepala Dinas Kominfo Boalemo mewakili Pemerintah Kabupaten Boalemo, Ulkia Kiu menyampaikan bahwa dipilihnya Kabupaten Minahasa Utara sebagai studi komperatif dimana Minahasa Utara dalam pengelolaan Dana Desa dari
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) langsung ke Kas Desa sementara Boalemo masih melalui Badan Keuangan dan Aset Daerah serta Kewenangan Desa.

Sementara Kepala Dinas Sosial serta Pemberdayaan dan Desa Kabupaten Minahasa Utara Drs. Alpret Pusungulaa menjelaskan, bahwa di Minahasa Utara sendiri dalam pengelolaan Dana Desa atau Kewenangan Desa tidak lagi membuat peraturan daerah sebab sudah jelas regulasinya sehingga Kepala Desa tidak bingung lagi menjalankan program di desa.

Selain itu Kepala Dinas Sosial Minahasa Utara Alpret Pusungulaa, di Minahasa Utara ini ada 125 Desa dan 6 Kelurahan, dan mengawali itu kita mulai dari perencanaan dan rancangan APBDes serta RKPDes yang disahkan oleh BPD, tetapi setiap akhir tahun kami selalu menyelenggarakan Bimtek penyusunan APBDes dan RKPDes yang dituangkan dalam aplikasi sistem keuangan desa.

Alokasi Dana Desa sendiri sudah dianggarkan penghasilan tetap, khusus penghasilan tetap Kepala Desa 2.800.000/bulan sedangkan BPD masih diberikan dalam bentuk tunjangan.

Sedangkan dalam APBD Perubahan sendiri, kami ada ketambahan DAU karena mengalami kenaikan dimana Operasional Desa sendiri 4 miliar dengan kenaikan DAU, dan ADD sebelumnya 51 miliar diprioritaskan untuk penghasilan tetap kepala desa, perangkat desa, tunjangan BPD dan operasional.

Selanjutnya studi komperatif ini dilanjutkan di Desa Wasian Kecamatan Dimembe yang diterima langsung oleh Camat Dimembe Anse Dengah, Hukum Tua Desa Wasian Simon Rudi Kolondam.

Sementara Camat Botumoito Jefri Kaluku menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada kepala Dinas Sosial Minahasa Utara dan jajarannya, pemerintah Kecamatan Dimembe serta Hukum Tua Wasian, yang telah menerima kunjungan studi komperatif pemerintah Kecamatan Botumoito. (f).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *