Kaban Bapppeda Srijun Dangkua : Ketersediaan Data Geospasial Dapat Mendukung Pembangunan Indonesia

Boalemo245 Dilihat

Boalemo, POROSNEWS.ID – Satu data Indonesia merupakan upaya pemerintah dalam mendorong pengambilan kebijakan berdasarkan data.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka diperlukan pemenuhan atas data pemerintah yang akurat, mutakhir, terpadu, terintegrasi, mudah diakses dan dapat diakses kembali oleh pengguna data, jelas Kepala Bapppeda Srijun

T. Dangkua saat memberikan pengantar pada Sosialisasi pembangunan simpul jaringan Kabupaten Boalemo di kantor Bapppeda, Senin (15/5/2023).

Ketersediaan data geospasial menjadi penting ujar Kepala Bapppeda Srijun Dangkua dalam mendukung pelaksanaan pembangunan Indonesia. Olehnya kita harus senantiasa berupaya semaksimal mungkin untuk mewujudkan ketersediaan data base informasi geospasial untuk mendukung perencanaan pembangunan yang terkoordinasi, terintegrasi dan berkesinambungan.

Sedangkan kendala yang dihadapi oleh Kabupaten Boalemo ungkap Kepala Bapppeda Srijun Dangkua, tak hanya infrastruktur digital namun masih banyaknya data dalam bentuk geospasial belum terpenuhi yang harus distandarkan dan disinergikan kemudian ketersediaan sumber daya manusia yang belum memadai dan pemahaman terhadap data geospasial masih kurang.

Diharapkan dari hasil sosialisasi dapat menghasilkan sebagai berikut; peserta mampu memahami simpul jaringan itu sendiri, mampu memahami konsep umum mengenai infrastruktur informasi geospasial dan simpul jaringan, supaya terbentuk pemahaman yang sama dikalangan pemerintah daerah.

Mampu mengidentifikasi data-data geospasial dan informasi geospasial dan setelah sosialisasi ini, pemerintah daerah segera membangun simpul jaringan di Kabupaten Boalemo.

Penulis : S. Usman
Editor : M. R. Laiya