Hari Patriotik 23 Januari Inilah Kirab Pembawa Bendera Pusaka Melintasi Kabupaten Dan Kota

Gorontalo, POROSNEWS.ID – Hari Patriotik 23 Januari 1942 ditahun 2023 terus di persiapkan, dan rencananya ada 23 organisasi pemuda yang akan membawa duplikat bendera Pusaka.

Melalui rapat gabungan organisasi pemuda, organisasi mahasiswa dan organisasi masyarakat yang digelar oleh Kantor Kesbangpol terus dipersiapkan perhelatannya, ungkap Kepala Dinas Kominfo Provinsi Gorontalo Masran Rauf, Selasa (17/1/2023).

Kirab bendera di tahun ini bertema “Pemuda Bergerak di Hari Patriotik 23 Januari” dan rencananya akan mengitari enam kabupaten/kota se Gorontalo, dan rencananya Kirab bendera akan dilepas oleh Penjabat Gubernur Hamka Hendra Noer pada tanggal 20 Januari 2023.

“Kirab membawa duplikat bendera pusaka, menuju Pohuwato, dan menginap semalam di ibu kota kabupaten, selanjutnya diarak menuju perbatasan Sulawesi Tengah, disitu menuju Rumah Jabatan Bupati Pohuwato untuk dilepas ke Kabupaten Boalemo,” jelas Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Masran Rauf.

Selanjutnya tanggal 22 Januari, rombongan akan bergerak dari Boalemo menuju Kabupaten Gorontalo Utara hingga ke perbatasan Provinsi Sulawesi Utara. Lalu kembali ke ibu kota kabupaten untuk dilepas menuju Kabupaten Gorontalo.

“Sesuai dari Gorontalo Utara, rombongan ke Kabupaten Gorontalo. Dilepas oleh pemerintah daerah setempat menuju Kota Gorontalo,” ujar Kepala Dinas KominfoProvinsiGorontaloMasranRauf.

Rencananya kirab akan berakhir di Kabupaten Bone Bolango. Duplikat bendera pusaka akan disemayamkan di Rumah Jabatan Bupati sebelum pelaksanaan upacara bendera keesokan harinya.

Dalam rapat persiapan tersebut dihadiri oleh Pemuda Pancasila, KNPI dan Purna Paskibraka, pengurus GP Ansor, Pemuda Muhammadiyah dan organisasi mahasiswa lainnya.

Rapat tersebut menyepakati rangkaian kegiatan berupa pelaksanaan kirab bendera pusaka yang akan menyisir seluruh kabupaten/kota, ziarah makam Pahlawan Nani Wartabone, pameran senjata, doa haul, upacara puncak 23 Januari, pelaksanaan pasar murah dan napak tilas.

Penulis : S. Usman
Editor : M. R. Laiya