Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular

Info Desa625 Dilihat

Boalemo, POROSNEWS.ID – Deteksi dini penyakit tidak menular merupakan cara untuk mengetahui adanya faktor risiko penyakit tidak menular pada sasaran.

Deteksi dini, berguna untuk menemukan secara awal adanya kemungkinan seseorang terkena penyakit tidak menular atau memiliki faktor risiko, ungkap Kepala Puskesmas Paguyaman Pantai dr Zubaidah Ali, melalui penanggung jawab program Alwin Mardia, Amd. Kep.,
Rabu (31/5/2023).

Maka pencegahan dan pengendalian dapat dilakukan sedini mungkin kata Alwin Mardia, Amd., Kep., bagi yang sudah terkena maka penting sekali mengendalikan PTM yang disandangnya agar tidak terjadi komplikasi, kecacatan maupun kematian dini akibat PTM serta untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Pemberdayaan dan peningkatan peran serta masyarakat adalah salah satu cara pengendalian PTM yang efisien dan efektif di masyarakat. Deteksi dini dan monitoring faktor risiko ini ditindaklanjuti secara terpadu dan periodik termasuk pemberian KIE mengenai PTM dan bahayanya bagi kesehatan, sehingga mampu mawas diri terhadap faktor risiko tersebut atau pengendaliannya apabila sudah terkena supaya kasus PTM dapat dikendalikan,” ujar Alwin Mardia, Amd., Kep.

Sikap mawas diri ulas Alwin Mardia, Amd., Kep., ditunjukkan dengan adanya perubahan perilaku masyarakat yang lebih sehat dan pemanfaatan fasilitas pelayanan kesehatan tidak hanya pada saat sakit, melainkan juga pada keadaan sehat.

Pemeriksan kesehatan dilakukan pasca masyarakat Dusun Tohupo Desa Bukit Karya.

Penulis : S. Usman
Editor : M. R. Laiya