Bupati Thariq Modanggu Sampaikan Ini Pada Responsif Gender

Gorontalo Utara345 Dilihat

Gorontalo Utara, POROSNEWS.ID – Kita diciptakan hidup berpasang-pasangan, sehingga dalam secara manusia baik itu dalam komunitas ataupun lainnya, sangat beragam namun tetap tidak lepas hidup berdampingan antara perempuan dan laki-laki.

Sehingga dalam kodrat perempuan dan laki-laki, pastinya ada kesetaraan yang mesti kita hargai, ungkap Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu dalam Bimbingan Teknis penyusunan perencanaan penganggaran responsif gender, disalah satu hotel di Manado (4/2/2023).

Isu-isu gender di Indonesia kata Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu, alhamdulillah menjadi perhatian serius oleh pemerintah dengan mengeluarkan satu regulasi untuk melindungi kaum perempuan.

“Dalam perencanaan dan penganggaran, harus ada sistem keadilan melalui regulasi sehingga dengan adanya Bimtek merupakan bagian untuk menjalankan amanah regulasi,” jelas Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu.

Sehingga harus ada perlakuan yang setara dan itu diluar dari konteks kodrat ujar Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu, kecuali sifatnya sosial atau hal lain bagian dari pemenuhan rasa keadilan.

Keadilan dan kesetaraan gender di Indonesia, perjuangan persamaan hak antara laki-laki dan perempuan khususnya dalam bidang pendidikan, sebagai wujud perlawanan atas ketidak adilan terhadap kaum perempuan pada masa itu.

Mudah-mudahan pelatihan ini akan memberikan manfaat, baik secara formal dalam hal perencanaan dan penganggaran, namun kita nantinya memiliki kader-kader yang mampu memberikan edukasi terhadap perempuan ditengah-tengah masyarakat nanti.

Penulis : S. Usman
Editor : M. R. Laiya