Bupati Thariq Modanggu : Musabaqah Tilawatil Qur’an Bukan Sekedar Formalitas

Gorontalo Utara240 Dilihat

Gorontalo Utara, POROSNEWS.ID – Musabaqah Tilawatil Qur’an bukan hanya sekedar formalitas, tapi bagian dari cara untuk memperbaiki kehidupan kita.

Itu disampaikan oleh Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu saat membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-IX Tingkat Kecamatan Biau, Sabtu, (10/6/23).

“Karena telah tercantum dalam Al-Qur’an yang luar biasa,” kata Bupati Thariq Modanggu.

Bupati Thariq Modanggu menuturkan, terlaksananya MTQ yang ketiga untuk meninggikan syariat agama.

“Menaikan syiar agama, dan mempertahankan terus semangat beragama,” tutur Bupati Thariq Modanggu.

Dijelaskan Bupati Thariq Modanggu, ada tiga hal yang menjadi esensi pelaksanaan MTQ yakni pertama, mendorong dan menambah kecintaan terhadap kitab suci Al-Qur’an.

“Pedoman bagi kita, sebagai panduan bagi kita atau dalam bahasa Qur’an disebut sebagai ‘bayan furqon’,” jelas Bupati Thariq Modanggu.

Kedua ujar Bupati Thariq Modanggu, esensi MTQ meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan penghayatan tentang isi kandungan Alquran.

“Karena ajaran-ajaran, pesan-pesan Ilahi, perintah-perintah dari Allah SWT. Semuanya tertuang secara jelas, secara lengkap di dalam kitab suci Alquran,” ungkap Bupati Thariq Modanggu.

Terakhir jelas Bupati Thariq Modanggu, MTQ juga menjadi alat evaluasi sejauh mana pembinaan-pembinaan baca tulis Alquran dilaksanakan di desa masing-masing.

“Alquran bicara tentang berbagai hal, tentang masalah lingkungan, tentang masalah politik, tentang masalah ekonomi, tentang masalah kemanusiaan, semua diajarkan di dalam Alquran,” ulas Bupati Thariq Modanggu.

Penulis : Rismawati H. Yusuf
Editor : M. R. Laiya