Warga Desa Hutamonu Minta Ini Pada Penetapan APBDes 2023

Info Desa75 Dilihat

Boalemo, POROSNEWS.ID – Dalam sidang musyawarah desa Badan Permusyawaratan Desa yang dipimpin oleh Ketua Harto Buluati saat memberikan kesempatan kepada peserta saran dan pendapat, Riswan Ajiba salah satu perwakilan warga meminta copyan dari APBDes supaya warga tahu program yang dilaksanakan di desa.

Meskipun ada permintaan dari peserta musyawarah desa, akhirnya anggaran pendapatan dan belanja desa berjumlah 1,1 miliar disahkan yang terdiri Dana Desa berjumlah 657.571.000 dan Alokasi Dana Desa berjumlah 488.764.000, bertempat di kantor desa, Kamis (23/2/2023).

Peserta Musdes Hutamonu dan para undangan.

Ditempat yang sama Camat Botumoito Jefri Kaluku diwakili Kepala Seksi Pemerintahan Suparman Mahmud menyampaikan bahwa Desa Hutamonu yang ketiga menetapkan anggaran pendapatan dan belanja desa setelah Desa Rumbia serta Desa Patoameme.

Dan tadi sebelum penetapan sudah ada permintaan dari masyarakat mengenai keterbukaan publik ulas Kepala Seksi Suparman Mahmud, dan itu wajar tapi masyarakat harus memahami mekanisme yang ada.

Ingat, pemerintah desa itu tidak bisa berbuat apa-apa tanpa ada masyarakat dan begitu juga sebaliknya kata Suparman Mahmud, maka dukungan itu menjadi terpenting dalam setiap menjalankan pemerintahan.

Selain itu, mengenai administrasi penagihan ungkap Suparman Mahmud harus lebih baik lagi dan jangan menggabungkan satu permohonan, misalnya insentif dasawisma digabungkan dengan kegiatan lain, dan itu tidak boleh, harus buat permohonan lagi.

Sementara Kepala Desa Hutamonu Helmi Buluati mengharapkan setiap ada penyelenggaraan kegiatan harus ada spanduknya, kedepan juga seperti di era pemerintahan mantan kepala desa Mesko Buluati dimana segala penerimaan bantuan akan saya buatkan spanduknya ditiga dusun.

“Mengenai BUMDes, saya telah membentuk tim pengawas untuk mengevaluasi dan saya tinggal menunggu laporannya, kemudian bantuan sapi bergiliran, saya juga akan mengundang mereka nanti,” jelas Kepala Desa Hutamonu Helmi Buluati.

Selanjutnya hari ulang tahun desa pada tanggal 5 Maret 2023, ujar Kepala Desa Hutamonu Helmi Buluati sudah harus dipastikan apa saja yang akan dilaksanakan sebelum puncaknya. (L).

Penulis : S. Usman
Editor : M.R. Laiya