Sentra Agro Industri Pengelohan Kelapa di Mebongo Diresmikan

Boalemo652 Dilihat

Boalemo, POROSNEWS.ID – Lahirnya sentra agro industri pengelohan kelapa di Desa Botumoito Dusun Mebongo berawal banyaknya ibu-ibu memproduksi minyak kelapa secara manual.

“Tentunya dari segi tenaga, waktu, dan hasil, sangat kecil, sehingga melalui bantuan ini dapat meningkatkan produksi agar hasinya menjadi meningkat supaya dapat meringankan beban masyarakat,” harap Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Andi Faizal Hurudji saat peresmian yang bertempat di Desa Botumoito Dusun Mebongo, Jumat (01/09/2023).

Jika hari ini hasil produksi belum meluas tutur Kepala Dinas Andi Faizal Hurudji karena masih perlu legalitas produksi dan membuka pasar, insya Allah kedepan ini dipenuhi dulu.

“Bantuan ini akan berkesinambungan dan bergilir, jika pengelola sebelumnya kesejahteraannya sudah terjamin, maka giliran masyarakat lainnya mengelolanya dan begitu seterusnya,” tegas Kepala Dinas Andi Faizal Hurudji.

Misalnya kelompok pertama peningkatannya dalam jangka waktu setahun atau dua tahun sudah terjamin kesejahteraannya, maka giliran masyarakat lain yang ekonominya carut marut direkrut.

Jadi bukan kelompok itu-itu saja yang mengelola kata Kepala Dinas Andi Faizal Hurudji tapi giliran masyarakat lainnya supaya terjadi pemerataan secata ekonomi.

Modal awal dari pemerintah itu bangunan dan mesin yang siap berproduksi ujar Kepala Dinas Andi Faizal Hurudji dan selanjutnya kelompok yang dipercayakan ini untuk mengembangkannya.

Sementara Kepala Desa Botumoito Ardi Pantu dalam penyampaiannya bahwa dari pemerintah desa sebelum ini berproduksi lebih jauh, maka pihak pengelola harus mengikuti peningkatan kapasitas, supaya produksinya berjalan normal.

Dan pemerintah desa sangat bersyukur adanya bantuan yang diberikan kepada masyarakat oleh pemerintah daerah kata Kepala Desa Ardi Pantu, dan kedepan bagaimana managemen pengelola minyak kelapa harus tersistematis serta transparan.

Meskipun tidak memiliki modal awal ujar Kepala Desa Ardi Pantu, jika pengelolanya serius dan terbuka kepada publik, pastinya pemerintah desa tidak menutup mata dan intinya pemdes sangat mendukung serta suport.

Penulis : Sislawati Usman
Editor : Moh. Rizal Laiya