Puskesmas Paguyaman Pantai Gelar Analisa Pemantauan Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi

Info Desa122 Dilihat

Boalemo, POROSNEWS.ID – Anak merupakan seseorang yang belum berusia 18 tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan.

Diutamakan kepentingan yang terbaik bagi anak, hak untuk hidup, kelangsungan hidup, dan perkembangan, serta penghargaan terhadap pendapat anak, jelas Kepala Puskesmas Paguyaman Pantai dr Zubaidah Ali Rauf pada analisa pemantauan pertumbuhan dan perkembangan bayi, Senin (6/2/2023).

Bertumbuh kata Kepala Puskesmas Paguyaman Pantai berarti bertambahnya ukuran tubuh dan jumlah sel serta jaringan di antara sel-sel pada bayi.

“Untuk mengetahui adanya pertumbuhan misalnya adanya pertambahan tinggi badan, berat badan dan lingkar kepala,” ungkap KepalaPuskesmasPaguyamanPantaidrZubaidahAliRauf.

Perkembangan merupakan hasil interaksi kematangan susunan syaraf pusat dengan organ tubuh yang dipengaruhinya, seperti kemampuan bicara dengan memberikan kebutuhan sandang, pangan, papan antara lain nutrisi, imunisasi, kebersihan tubuh, lingkungan, pakaian, pelayanan/pemeriksaan kesehatan dan pengobatan.

Anak juga ulas Kepala Puskesmas Paguyaman Pantai dr Zubaidah Ali Rauf memerlukan ikatan yang erat, serasi dan selaras dengan ibunya untuk  menjamin tumbuh kembang fisik-mental dan psikososial anak.

Sehingga orang tua perlu menganut pola asuh demokratik, mengembangkan kecerdasan emosional, kemandirian, kreativitas, kerjasama, kepemimpinan dan moral-spiritual anak.

Analisa pemantauan pertumbuhan dan perkembangan bayi turut dihadiri Koordinator PLKB, Pendamping lokal desa, koordinator kader posyandu se-Kecamatan Paguyaman Pantai dan Kader KPM se-Kecamatan Paguyaman Pantai.

Penulis : S. Usman
Editor : M. R. Laiya