PKM Paguyaman Pantai Menghimbau Warga Waspada DBD

Info Desa224 Dilihat

Boalemo, POROSNEWS.ID – Puskesmas Paguyaman Pantai telah menemukan kasus Demam Berdarah Dengue di Desa Limbatihu dan untuk memutuskan rantai penularan, puskesmas paguyaman pantai menggelar penyelidikan Epidemiologi.

Penyelidikan Epidemiologi adalah kumpulan upaya untuk mengetahui gambaran gejala serta penyakit penyerta dan aspek kependudukan dari kasus seperti sebaran tempat atau sumber penularan, jenis kelamin, maupun usia, jelas penanggung jawab program DBD Silvanti Dewi, Amd.Kep., Selasa (28/3/2023).

Petugas Puskesmas Paguyaman Pantai sedang memeriksa kesehatan warga.

Demam Berdarah Dengue ulas Silvanti Dewi, Amd.Kep., penyakit yang ditularkan oleh nyamuk yang terjadi di daerah tropis dan subtropis di dunia. Untuk demam berdarah ringan, maka ia akan menyebabkan demam tinggi dan gejala seperti flu, sementara untuk demam berdarah yang parah, ia bisa menyebabkan pendarahan serius, penurunan tekanan darah secara tiba-tiba (syok) dan bahkan kematian.

Dengan adanya kasus deman berdarah tersebut kata Silvanti Dewi, Amd.Kep.,
maka diharapkan kepada masyarakat Kecamatan Paguyaman Pantai dapat memberantas sarang nyamuk dengan 3M plus meliputi pertama, menguras (membersihkan) bak mandi, vas bunga, tempat minum binatang peliharaan, atau tatakan dispenser. Kedua, menutup rapat Tempat Penampungan Air. Ketiga, menyingkirkan atau mendaur ulang barang bekas seperti botol plastik, kaleng bekas dan lainnya.

3M Plus ini ditambah dengan upaya memberantas larva serta menghindari gigitan nyamuk dengan memakai kelambu, repelent/anti nyamuk dan lain-lain.

Kemudian Kepala Puskesmas Paguyaman Pantai dr Zubaidah Ali Rauf menyampaikan terima kasih kepada tim penanggungjawab program yang telah melaksanakan kegiatan seperti ini demi mewujudkan masyarakat tetap sehat.

Selain itu, saya juga menghimbau kepada masyarakat diwilayah Paguyaman Pantai jika ada saudara yang memiliki gejala diatas, maka diharapkan segera mendatangi petugas kesehatan atau ke puskesmas.

Penulis : S. Usman
Editor : M. R. Laiya