PKM Paguyaman Pantai Gelar Verifikasi Stop BABS

Info Desa256 Dilihat

Boalemo, POROSNEWS.ID – Verifikasi desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) adalah proses memastikan status Open Defecation Free (ODF) suatu komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Puskesmas Paguyaman Pantai dr Zubaidah Ali Rauf melalui Penanggung Jawab Program Umrin Ibrahim, S.KM., saat melakukan verifikasi stop buang air besar sembarangan, Selasa (18/7/2022).

Perilaku buang air besar sembarangan (BABS/open defecation) tutur Penanggungjawab Program Umrin Ibrahim,
termasuk salah satu contoh perilaku yang tidak sehat. BABS/open defecation adalah suatu tindakan membuang kotoran tinja di ladang, hutan, semak-semak, sungai, pantai atau area terbuka lainnya dan dibiarkan menyebar sehingga mengkontaminasi lingkungan, tanah, udara dan air.

Adapun tujuan dari dilaksanakannya kegiatan verifikasi ODF adalah memantau masyarakat secara langsung terkait perubahan perilaku hidup sehat di pedesaan yang semula masih kental dengan buang air besar di semabarangan tempat dan diharapkan mampu meningkatkan kualitas sanitasi.

“Stop buang air besar sembarangan (SBABS) akan memberikan manfaat dalam menjaga lingkungan bersih, sehat, nyaman dan tidak berbau, sehingga tidak mencemari sumber air yang dapat dijadikan sebagai air baku, air minum atau air untuk kegiatan sehari-hari seperti mandi, cuci dan lain-lain,” harap Penanggungjawab Program Umrin Ibrahim, S.KM.

Penulis : Siskawati Usman
Editor : M. R. Laiya