PKM Paguyaman Pantai Deklarasi Open Defecation Free

Info Desa388 Dilihat

Boalemo, POROSNEWS.ID – Open Defecation Free atau Stop Buang Air Besar Sembarangan merupakan kondisi dimana setiap individu pada komunitas tidak buang air besar sembarangan, tinja yang tidak memenuhi syarat dapat mempengaruhi penyebaran penyakit di lingkungan masyarakat.

Itu disampaikan oleh Kepala Puskesmas Paguyaman Pantai dr. Zubaidah Ali Rauf melalui Penanggungjawab Program Umrin Ibrahim, S.KM., pada peringatan hari ulang tahun kecamatan, HUT Kemerdekaan RI sekaligus Deklarasi Open Defecation Free yang bertempat di Desa Bubaa, Kamis (20/7/2023).

Tujuan dilaksanakan deklarasi Open Defecation Free kata Penanggungjawab Program Umrin Ibrahim, guna memantau masyarakat secara langsung terkait perubahan perilaku hidup sehat di pedesaan yang masih kental buang air besar di semabarangan tempat.

“Open Defecation Free merupakan kondisi dimana setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan karena dapat mempengaruhi penyebaran penyakit di lingkungan masyarakat,” jelas Penanggungjawab Program Umrin Ibrahim.

Dalam deklarasi Open Defecation Free turut dihadiri Penjabat Bupati Sherman Moridu, Ketua DPRD Boalemo Karyawan Eka Putra Noho, pimpinan organisasi perangkat daerah dan undangan lainnya.

Penulis : Siskawati Usman
Editor : M. R. Laiya