Mobil Listrik Harus Mendunia Sehingga Hilirisasi Industri Sebagai Kunci

Berita Utama252 Dilihat

Nusa Tenggara Timur, POROSNEWS.ID – KTT ke-42 ASEAN yang berlangsung 10-11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur telah berjalan dengan lancar dan memberikan hasil yang baik.

Melalui KTT ke-42 ASEAN, Indonesia ingin melihat ASEAN yang kuat, yang mampu menghadapi tantangan, tanggap terhadap dinamika, serta tetap memegang peran sentral di kawasan, tegas Presiden Indonesia Joko Widodo.

Ada sejumlah hasil yang dicapai dalam pelaksanaan KTT ke-42 ASEAN, kata Presiden Joko Widodo salah satunya adalah terkait kepentingan rakyat yang menjadi perhatian utama para pemimpin ASEAN, termasuk perlindungan pekerja migran dan korban perdagangan manusia. Terkait Myanmar, negara-negara ASEAN sepakat untuk tidak memberikan toleransi terhadap pencederaan nilai-nilai kemanusiaan.

“Terakhir, terkait penguatan kerja sama ekonomi, ASEAN sepakat untuk membangun ekosistem mobil listrik dan menjadi bagian penting dari rantai pasok dunia sehingga menjadikan hilirisasi industri sebagai kunci,” ungkap Presiden Joko Widodo.

Selain itu, negara-negara ASEAN juga sepakat untuk memperkuat implementasi transaksi mata uang lokal dan konektivitas pembayaran digital antarnegara.

ASEAN merupakan satu keluarga yang memiliki ikatan kuat dan bersatu menuju tujuan yang sama yaitu menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dan kawasan damai, stabil, serta sejahtera.

Penulis : S. Usman
Editor : M. R. Laiya