Minim Anggaran Kinerja Auditor Inspektorat Kurang Maksimal 

Boalemo154 Dilihat

Boalemo, POROSNEWS.ID – Minim anggaran sehingga begitu Inspektorat turun ke desa-desa mungkin hanya bisa menjangkau enam desa, selanjutnya setiap ada tahapan pencairan dana desa ada keterlibatan Inspektorat disitu, agar dapat mengurangi penyalahgunaan keuangan negara.

Tapi kalau tidak maksimal anggaran, kami bisa bekerja bagaimana? Apa lagi di tahun 2023 kami tidak ada anggaran untuk itu, jelas Kepala Inspektorat Kabupaten Boalemo Sukardi Djakatara saat berada di wawancarai media porosnews.id, Rabu (11/1/2023).

Disatu sisi sudah ada mandatori yang mengamanatkan kata Kepala Inspektorat Sukardi Djakatara, tapi kenyataannya ditahun 2023 anggaran kami sama dengan tahun sebelumnya.

Sementara tantangan yang dihadapi adanya dugaan-dugaan laporan masyarakat dalam penyalahgunaan keuangan negara sangat tinggi, bagaimana kami bisa menindaklanjuti laporan tersebut kalau anggarannya terbatas, tapi kami hanya dapat memaksimalkan anggaran yang ada.

“Jadi, penggunaan dana desa ditahun 2022 bukan berarti posisi desa itu sudah aman, sebab sebelum ada auditor memeriksa keuangan yang ada di desa maka desa itu belum aman,” tegas Kepala Inspektorat Sukardi Djakatara.

Untuk tahun 2022 ungkap Kepala Inspektorat Sukardi Djakatara, tidak semua desa yang sempat diaudit karena kembali pada persoalan keterbatasan anggaran tadi, dan seharusnya ini menjadi perhatian kita semua.

Penulis : S. Usman
Editor : M. R. Laiya