Kapus Zubaidah Rauf Imbau Ini Kepada Masyarakat

Berita Utama269 Dilihat

Boalemo, POROSNEWS.ID – Dimusim hujan, masyarakat harus waspada banjir dan tanah longsor, selain itu sistem imun yang baik untuk menghadapi potensi paparan penyakit di musim hujan, misalnya Demam Berdarah Dengue dan Diare.

Penyakit ini disebabkan gigitan nyamuk betina Aedes aegypti yang menyerang melalui sistem peredaran darah manusia, ungkap Kepala Puskesmas Paguyaman Pantai dr Zubaidah Ali Rauf, Jumat (27/1/2023.

Musim hujan begini kata Kepala Puskesmas Paguyaman Pantai dr Zubaidah Ali Rauf, perkembangan nyamuk menjadi sangat masif, sehingga masyarakat di Paguyaman Pantai perlu melakukan persiapan sebagai pencegahan gigitan nyamuk.

Berikut cara pencegahan menghadapi DBD yang disebut 3M Plus, misalnya menguras dan membersihkan tempat penampungan air secara rutin, menutup rapat-rapat tempat penampungan air, dan mendaur ulang/memanfaatkan barang-barang yang dapat menampung air hujan.

Berbagai langkah pencegahan, diharapkan masyarakat dapat segera melakukan pencegahan serta melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan jika ada gejala DBD.

Misalnya munculnya ruam pada tubuh, demam tinggi, nyeri otot dan sendi, mula dan muntah serta kelelahan dan sakit kepala.

Kalau ada gejala seperti itu, maka segeralah menghubungi petugas kesehatan setempat atau langsung mendatangi Puskesmas terdekat.

Penulis : S. Usman
Editor : M. R. Laiya