Idul Fitri, Ramadhan Mengajarkan Kita Untuk Jujur

Info Desa189 Dilihat

Boalemo, POROSNEWS.ID – Ramadhan merupakan sarana kepribadian dan pembinaan bagi umat manusia untuk memperbaiki karakter serta mental.

Kita di didik, digembleng, dilatih dan dibina secara terprogram, sehingga kelak menjadi manusia berdaya guna untuk menjadi sosok manusia yang memberikan maslahat dan manfaat bagi agama serta negeri, ungkap Kisman Ahmad sebagai khotib pada hari raya Idul Fitri yang bertempat di masjid Al-Ikhsan Desa Tutulo Kecamatan Botumoito, Sabtu (22/4/2023).

Negeri kita Kabupaten Boalemo jelas khotib Kisman Ahmad, sesungguhnya daerah yang dianugerahi potensi yang luar biasa namun sayang, daerah kita masih daerah termiskin nomor satu di Provinsi Gorontalo. Sehingga mari sejenak kita renungkan apa yang salah dengan negeri kita ini dan jawabannya adalah rapuhnya karakter kita.

Olehnya, ramadhan salah satu kebutuhan mutlak untuk mencerdaskan anak daerah untuk membangun moralitas, kepribadian, mental dan akhlakarimah guna menjadi tiang penyangga bagi daerah, negara dan bangsa.

Jika dilihat dari kondisi kita saat ini kata khotib Kisman Ahmad, sarat krisis multi dimensi melibatkan segala sisi kehidupan baik sisi sosial, budaya, ekonomi, politik dan agama, olehnya nilai dasar ramadhan perlu diperkuat untuk membangun daerah kedepan.

Dan ada tiga hal penting yang harus dipegang terus menerus ujar pembawa hotbah Kisman Ahmad yakni sifat jujur, kerja keras dan ikhlas, menjadi sandaran dalam membangun daerah dimasa mendatang.

Ditempat yang sama Camat Botumoito Jefri Kaluku menyampaikan atas nama pemerintah kecamatan mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri kepada seluruh umat muslim dan mohon maaf lahir dan bathin.

Selain itu, kami juga menyampaikan terima kasih kepada pemangku adat, jajaran pemerintah kecamatan dan desa, sehingga pelaksanaan adat hari raya Idul Fitri sesuai harapan kita bersama.

Kegiatan adat tersebut dihadiri oleh pemangku adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, para Kepala Desa dan jajaran pemerintah kecamatan.

Penulis : S. Usman
Editor : M. R. Laiya