Sumber Daya Alam Jika Tidak Dikelola Baik Suatu Saat Akan Habis

Boalemo, POROSNEWS.ID – Pemerintah Provinsi Gorontalo menyadari bahwa saat ini ketergantungan kita terhadap kekayaan sumber daya alam sangatlah besar dan mendominasi struktur perekonomian daerah.

Disatu sisi kita ketahui bersama bahwa sumber daya alam seperti hasil hutan, pertambangan dan migas, hanya memiliki batasan tertentu dalam kita memanfaatkannya, ungkap penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer saat menutup Festival Pesona Boalemo yang digagas oleh Dinas Pariwisata Boalemo, bertempat di wisata pantai bolihutuo Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo, (23/10/2022).

Lanjut penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer, seiring berjalannya waktu maka sumber daya alam ini lama kelamaan akan berkurang, dan jika kita tidak patut mengelola dengan baik maka suatu saat pasti akan habis.

Sehingga fokus Pemerintah Provinsi Gorontalo tahun 2023 kata Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer, mengembangkan sektor-sektor pembangunan seperti sektor pertanian dalam arti luas dan sektor pariwisata dalam arti terkait dengan 13 jasa usaha yang ada di dalamnya.

Pastinya dalam pengembangannya perlu didukung oleh ketersediaan sumber daya manusia yang memadai serta para insan kreatif dari 17 sektor pada ekonomi kreatif yang terus berkarya dan berinovatif bertumbuh serta berkolaborasi.

Dimasa depan ungkap penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer, pariwisata harus terus menerus dikembangkan apa lagi Provinsi Gorontalo memiliki banyak potensi pariwisata yang tersebar diseluruh Kabupaten dan Kota dengan keunggulannya dan keunikan masing-masing.

Berupa keindahan penorama alam, pantai, sungai, perunggu karang dan pegunungan yang sangat menakjubkan, hal ini didukung dengan peninggalan sejarah, adat istiadat, seni dan budaya masyarakat yang sangat beragam.

Melihat hal tersebut, kita harus membangun sektor pariwisata dengan melaksanakan pembangunan destinasi pariwisata Gorontalo secara sistematis, terencana, terpadu dan berkelanjutan, dengan tujuan tetap memberikan perlindungan terhadap nilai-nilai budaya, adat dan agama, yang hidup tengah-tengah masyarakat itu sendiri.

Pada Festival Pesona Boalemo tahun 2022 turut dihadiri Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo, Forkopimda, mewakili Kapolda, Kepala Perwakilan BI, penjabat Bupati Boalemo Hendriwan , para Bupati dan Walikota, Kapolres, Kajari, Kalapas, Dandim Pohuwato/Boalemo, pimpinan universitas, pimpinan OPD Provinsi Gorontalo dan piminan OPD Boalemo, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Perhotelan dan para undangan lainnya. (f).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *