Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Boalemo Gelar Workshop

Boalemo417 Dilihat

Boalemo, POROSNEWS.ID – Akreditas perspustakaan merupakan rangkaian proses pengakuan formal oleh lembaga yang mengatakan bahwa suatu lembaga perpustakaan telah memenuhi persyaratan minimal untuk melakukan aktivitas pengelolaan perpustakaan.

“Di Indonesia, terdapat beberapa alasan mengapa akreditas perpustakaan menjadi sangat pengting” ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Boalemo, Adnan Marzuk pada Workshop Akreditas Perpustakaan Pendidikan Dasar sesuai standar nasional yang di gelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Boalemo, bertempat di Hotel Grand Amalia, Senin (30/10/2023).

Salah satunya tuturnya meningkatkan kualitas pelayanan, akreditas memaksa perpustakaan untuk memenuhi standar tertentu yang berfokus pada pengelolaan koleksi, aksesibilitas, pelayanan kepada pengguna dan kualifikasi staf.

Perpustakaan dikatanya, jika perpustakaan memiliki beberapa kriteria antara lain koleksi yang relevan, aktual dan akurat, tenaga yang berkualitas dan prefesional, sistem pelayanan yang cepat dan tepat, didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai.

Diharapkannya melalui workshop tersebut, setiap perpustakaan sekolah mengetahui kualitas perpustakaan yang dimiliki sehingga dapat melakukan perbaikan terhadap kualitas perpustakaan kedepan.

Dalam workshop tersebut dihadiri oleh Asisten III Boalemo Safrudin Lamusu, mewakili Dinas Perpustakaan Provinsi, para Kepala Sekolah, Komunitas Literasi Boalemo dan jajaran Perpustakaan Boalemo.

Penulis : Siskawati Usman
Editor : Moh. Rizal Laiya