Aplikasi SI-INDAH Berbasis Website Mempermudah OPD dan Desa

Boalemo287 Dilihat

Boalemo, POROSNEWS.ID Inovasi Sistem Informasi Inovasi Daerah (SI-INDAH) merupakan inovasi yang dirancang oleh BAPPPEDA Kabupaten Boalemo.

Suatu bentuk inovasi digital, dimana inovasi ini berupa sistem aplikasi berbasis website yang berfungsi untuk menjaring, mengevaluasi serta menilai kualitas inovasi di setiap perangkat daerah dan desa, ungkap Kepala Bapppeda Boalemo Srijun T. Dangkua setelah penjabat Bupati Boalemo Hendriwan melakukan Launching Inovasi SI-INDAH, di lapangan alun-alun Ibukota Tilamuta, Senin (2/1/2023).

Bahkan kata Kepala Bapppeda Srijun Dangkua sampai ketingkat masyarakat yang nantinya setiap inovasi yang ter-input kedalam sistem akan di evaluasi serta di verifikasi dan akan di tetapkan sebagai INOVASI DAERAH.

“Aplikasi ini mengadopsi sistem penilaian yang dilakukan dalam ajang Innovation Gobernment Award (IGA) dimana dalam aplikasi ini menuangkan 20 pra syarat indikator dan parameter yang telah ditetapkan oleh kementerian dalam negeri,” jelas Kepala Bapppeda Srijun Dangkua.

Melalui Inovasi Si-INDAH lanjut Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bapppeda Boalemo, Ineke Hambali, STP., M.Si., selaku yang mengkoordinir seluruh inovasi OPD, akan mempermudah setiap perangkat daerah, desa maupun masyarakat.

Sehingga akan mempermudah setiap perangkat daerah, desa maupun masyarakat dalam menginput pemenuhan administrasi dan dokumentasi inovasinya sesuai dengan ketentuan yang di persyaratkan.

Tujuan utama dari inovasi SI-INDAH, agar Kabupaten Boalemo kedepannya dapat menjadi daerah dengan lumbung inovasi serta menjadikan Kabupaten Boalemo menjadi salah satu Daerah Terinovatif di Indonesia.

Penulis : S. Usman
Editor : M. R. Laiya