Alat Pertanian Tidak Lagi Diserahkan Pada Petani Melainkan Ini

Nasional135 Dilihat

Jawa Timur, POROSNEWS.ID Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer didampingi Pejabat Sekda Gorontalo Syukri Jaya Botutihe dan pimpinan OPD terkait, melaksanakan kunjungan kerja di PT. Corin, beralamat di Jalan Bakung Temenggungan, Kecamatan Balong Bendo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (14/12/2022).

Kunjungan kerja penjabat Gubernur beserta rombongan disambut Direktur PT. Corin Danang Priyo Utomo, kemudian diajak untuk melihat langsung beberapa mesin atau alat pertanian, seperti Combine Harvester atau
mesin panen padi dan Dron yang berfungsi untuk menyebarkan pupuk untuk tanaman padi.

“Kita ingin membeli dan melengkapi perlengkapan pasca panen di Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo. Kemarin kita sudah membeli hampir 30 alat pasca panen. Kemudian kita hari ini mau membeli tractor, jadi melihat langsung ke PT. Corin ini karena di sini lengkap. Sekarang saya kira teknologi pertanian semakin baik,” jelas penjabat Gubernur Hamka disela sela kunjungan.

Selain itu pihak PT. Corin juga mempresentasikan alat yang akan meningkatkan pasca panen 20 persen serta efisiensi penggunaan tenaga kerja manusia 20 persen. Olehnya penjabat Gubernur Hamka Hendra Noer menginginkan alat dari PT Corin ini. Dia berharap para petani di Gorontalo lebih enerjik dan lebih bergairah lagi untuk kerja disawah.

“Insya Allah, saya pikir kita memang harus mengupgrade teknologi yang ada, saya tidak berjanji namun saya ingin melengkapi teknologi pra panen maupun pasca panen di Gorontalo, tujuannya untuk menggerakkan minat petani untuk bertani lagi,” ungkap penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer.

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer menjelaskan, alat yang akan dibeli nantinya akan ditempatkan di Dinas Pertanian, bukan dibagikan ke kelompok tani, supaya alat-alat bisa dijaga dan dirawat. Jadi kalau para kelompok tani membutuhkan alat tersebut, bisa menghubungi Dinas Pertanian.

“Mengapa kita tidak langsung berikan kepada masyarakat petani? Sebab biaya purna jualnya, selanjutnya biaya perawatan itu kan tinggi, jika kita yang kelola dalam hal ini dinas pertanian, kita bisa menganggarkan untuk pemeliharaan alat. Pemerintah terus memberikan perhatian khusus bagaimana bisa meningkatkan produksi panen, karena kita ingin petani semakin sejahtera,” jelas penjabatGubernurGorontaloHamkaHendraNoer.

Kunjungan kerja penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer ke Jawa Timur selain berkunjung ke PT. Corin, sekaligus melakukan silahturhami kerja dengan Pemprov Jatim yang diterima langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak. (f).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *