Sherman Moridu Sambut Tim Assesmen Geopark Kementerian ESDM di Boalemo

Boalemo, Nasional402 Dilihat

POROSNEWS.ID, Boalemo – Memiliki warisan benda bersejarah, misalnya Curture Site Perkampungan Suku Sama Desa Bajo Kecamatan Tilamuta, Geosite Gabro Kecamatan Botumoito, Said Natural Alam Pantai Bolihutuo Kecamatan Botumoito, Geosite Granodiorit Desa Saripi, dan geopark lainnya, semoga menjadi geopark nasional.

Hal itu disampaikan Penjabat Bupati Sherman Moridu saat menyambut Tim Assesment Geopark Gorontalo oleh Kementerian ESDM RI di Desa Bajo, Selasa (25/6/2024).

Semoga lokasi-lokasi yang telah dikunjungi masuk sebagai geopark nasional.

Tapi sebelumnya dari Sekjen Unisco mendahului mengunjungi lokasi-lokasi geopark yang ada di Boalemo, kita dorong menjadi geopark nasional.

“Adanya hal ini, mulai menata lokasi-lokasi yang bersejarah di Boalemo, supaya kunjungan-kunjungan berdatangan dilokasi tersebut,” harapnya.

Sementara Ketua Dewan Pakar Geopark Nasional Mega Fatimah Rosana dalam penyampaiannya bahwa dalam pengelolaan lokasi-lokasi tersebut masih butuh perhatian pemerintah daerah.

Sebab syarat utama menuju geopark nasional adalah kawasannya terjaga, dimanfaatkan sebagai kawasan edukasi, dan menumbuhkan nilai ekonomi bagi masyarakat.

Disinggung apakah Boalemo sudah layak masuk geopark nasional? Ya, kami berharap dari hasil penilaian Boalemo masuk geopark nasional.

Dalam penyambutan assssment geopark Gorontalo di Boalemo dihadiri Penjabat Sekda Rahmat Biya, Wakil Ketua DPRD Lahmudin Hambali, Kepala Bapppeda Provinsi, Kepala Bapppeda Boalemo, Srijun T. Dangkua, pemandu wisata geopark, para Camat dan kepala desa. (Adv).

Penulis : Siskawati Usman
Editor : Moh. Rizal Laiya