Mahasiswa KKN UNG Ciptakan Inovasi Minyak VCO Warga Dulangeya

Berita, Info Desa208 Dilihat

POROSNEWS.ID, Boalemo – Minyak kelapa murni (Produk Kelapa Virgin Coconut Oil) yang di ambil dari kepala tua dan melewati proses 24 jam. VCO ini merupakan minyak kelapa yang berwarna bening, saking jernihnya bisa langsung di minum.

Jelas Mahasiswa Fakultas Hukum Smester V Universitas Negeri Gorontalo, Moh. Fikri Ananda sebelum melaksanakan seminar VOC yang bertempat di aula kantor Desa Dulangeya Kecamatan Botumoito, Gorontalo, Kamis (5/9/2024).

Lanjut mahasiswa fakultas hukum, minyak VCO ini bisa digunakan sebagai minyak oles, bisa menjadi minyak makan, bisa menyembuhkan penyakit lainnya.

“Caranya ambil kelapa tua, ambil bagian dalam, di parut, pakai air hangat lalu diremas-remas, setelah itu di peras, dan terakhir disaring, lalu santannya dimasukkan di plastik es, kemudian tunggu hingga 6 jam, dan begitu santannya sudah naik serta minyak sudah terlihat di bagian tengah dan itu disaring lebih dahulu, setelah itu dipindahkan ke tempat plastik baru, selanjutnya ditunggu menuju waktu 12 jam, disaring lagi dipisahkan ke plastik baru,” jelasnya.

Begitu 24 jam, minyak tersebut menyurang kadar santannya, lalu lakukan penyaringan dengan menggunakan tisu dan kapas, sehingga yang keluar adalah minyak kelapanya saja.

Targetnya nanti masyarakat akan dilakukan pelatihan pembuatan minyak VCO, supaya benar-benar memahami proses produksinya, setelah itu juga kami akan urus legalitas produknya supaya pemasarannya sudah jelas nanti kedepan.