Kebutuhan Hidup Tidak Terpenuhi Jika Kondisi Kesehatan Tidak Baik

Boalemo153 Dilihat

Boalemo, POROSNEWS.ID – Kesehatan bagian dari kebutuhan wajib dan seseorang tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya jika dalam kondisi tidak sehat. Sehingga kesehatan modal dasar setiap individu dalam meneruskan kehidupan layak.

Sehingga pemerintah daerah memiliki tanggung jawab dalam menjamin warga negara memperoleh pelayanan kesehatan yang berkualitas sesuai kebutuhan, tegas penjabat Bupati Boalemo Dr. Hendriwan, M.Si., saat membuka Rapat kerja Evaluasi Capaian SPM dan Program Bidang Kesehatan tahun 2022, bertempat di Hotel Grand Amalia, Jumat (13/1/2023).

Mengingat kebutuhan warga negara terhadap kesehatan sangat vital dan karakteristik pelayanan kesehatan yang unik dan kompleks kata Penjabat Bupati Hendriwan, maka peran pemerintah di bidang kesehatan harus distandarisasi.

Dan ada enam standardisasi pelayanan kesehatan; pertama, transformasi layanan rujukan, kedua, stransformasi sistem ketahanan kesehatan, ketiga, transformasi sistem pembayaran kesehatan, keempat, transformasi layanan primer, kelima, transformasi layanan SDM kesehatan, dan keenam, transformasi teknologi kesehatan.

Kaitan enam dasar layanan kesehatan ungkap penjabat Bupati Hendriwan, bersifat wajib sehingga dibutuhkan standar pelayanan minimal (SPM) untuk memastikan ketersediaan layanan kesehatan pada masyarakat.

Rapat kerja Evaluasi Capaian SPM dan Program Bidang Kesehatan turut dihadiri oleh seluruh kepala Puskesmas se-Kabupaten Boalemo dan seluruh jajaran kesehatan.

Penulis : S. Usman
Editor : M. R. Laiya