Festival Pantai Bolihutuo, Rahmat Gobel Bakal Buka Lahan Kakao Dan Bangun Pabrik Coklat

Berita Utama231 Dilihat

Boalemo, POROSNEWS.ID – Masyarakat dari setiap desa yang ada di Boalemo dan kalau bisa dengan masyarakat Pohuwato dan Gorontalo yang dekat, kalau bisa ini sebagai tempat untuk mempromosikan pantai ini.

“Supaya para petani kita yang menjadi ujung tombak pangan memiliki keyakinan kepada produk yang dihasilkan sendiri dari desa masing-masing” ungkap Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel saat menghadiri pembukaan Festival Pantai Bolihutuo, Jumat (20/10/2023).

Lanjutnya lagi, kalau ada semangat demikian, maka saya dapat mendorong program dari pusat lewat Kementerian Pertanian atau Kementerian Kehutanan, apa yang bisa kita dorong untuk bisa meningkatkan produksi para petani.

“Pantai Bolihutuo memiliki kekuatan yang lain, sebab tanah kita memiliki potensi yang sangat luar biasa, dan beberapa tahun lalu di Boalemo memiliki tanaman kakao dan hasil coklatnya sudah mendunia dan menggunakan gula aren, ini hasil kakao dari Boalemo sendiri,” tuturnya.

Coklat ini ujarnya akan di pamerkan di festival coklat dunia di Prancis dan bagaimana bangganya kita karena tertulis “Gorontalo”.

“Saya sudah mengatakan persis kemarin sore dengan Menteri Pertanian bahwa saya akan membuka 1000 hektar lahan untuk kebun kakao, di Boalemo dan Pohueato,” tegasnya.

Setelah itu katanya patner saya dari Jepang mau membantu saya membangun pabrik coklat di Gorontalo dan nantinya coklatnya buatan Gorontalo asli.

Makanya kenapa pameran ini saya buat festival demi meyakinkan kepada seluruh masyarakat Boalemo khususnya, kita ini memiliki kekuatan dan kemampuan menjadi nilai tambah yang pada akhirnya bisa bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri.

Mudah-mudahan festival ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dengan berbelanja dengan harga yang sangat murah.

Festival pantai bolihutuo turut dihadiri Perwakilan Kementerian Pertanian, Perwakilan Kepala BI, Penjabat Bupati Sherman Moridu, Pj. Sekretaris Daerah Supandra Nur, Perbankan, Ketua DPRD Boalemo Karyawan Eka Putra Noho, Wakil Ketua DPRD Lahmudin Hambali, Forkopimda, para Staf Ahli Bupati, para Asisten, para Pimpinan OPD, para Camat dan para Kepala Desa.

Penulis : Siskawati Usman
Editor : Moh. Rizal Laiya