BPBD Boalemo Luncurkan Inovasi SIBELA Penyelamat Dibencana

Boalemo226 Dilihat

Boalemo, POROSNEWS.ID Sistem informasi bencana alam adalah sebuah sistem yang dapat memberikan informasi terkait wilayah rawan bencana, informasi tanggap darurat, informasi bantuan serta informasi korban bencana, baik kepada masyarakat maupun pemerintah pusat

Indonesia adalah negara yang dikenal dengan supermarket bencana, menyedihkan memang mendengar kalimat ini, tapi itulah yang terjadi di negara kita, ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Boalemo Mans Mopangga setelah launching inovasi SIBELA, di lapangan alun-alun Ibukota Tilamuta, Jumat (17/2/2023).

Khususnya Gorontalo terdapat beberapa sesar atau patahan yang aktif ulas Mans Mopangga, hal ini menjadikan Gorontalo salah satu daerah rawan bencana gempa dan bencana tektonik dan kabupaten Boalemo salah satu kabupaten bagian dari provinsi Gorontalo yang mengalami hal ini.

Melihat kondisi ini kata Kaban Mans Mopangga kita butuh sebuah sistem yang bisa membawa Boalemo menjadi daerah yang tangguh menghadapi bencana dengan mitigasi.

Harapan besar SIBELA, menjadi malaikat cantik yang menyelamatkan masyarakat Boalemo pada 82 desa di 7 kecamatan yang rawan bencana dengan beragam jenis bencana.

Penulis : S. Usman
Editor : M. R. Laiya