Boalemo Terbaik Pelayanan Publik di Provinsi Gorontalo Versi Ombusdmen RI

Berita338 Dilihat

Gorontalo, POROSNEWS.ID – Berdasarkan Keputusan Ketua Ombudsman Republik Indonesia Nomor 418 Tahun 2023 Tentang Hasil Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023. Pemerintah Kabupaten Boalemo memperoleh Nilai 86,40 berada di Zona Hijau. Naik 10,09 point dari capaian di tahun sebelumnya sebesar 76,31.

Capaian ini juga menorehkan Kabupaten Boalemo sebagai Kabupaten tertinggi nilai kepatuhan pelayanan publik lingkup Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Gorontalo. Capaian ini mencatatkan Kabupaten Boalemo pertama kali berada di Zona Hijau dan sekaligus sebagai yang tertinggi di Provinsi Gorontalo.

Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik adalah penilaian untuk mengukur tingkat kepatuhan penyelenggaraan pelayanan public pada Kementerian/Lembaga/Daerah sesuai dengan Undang – undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Nilai kepatuhan didapatkan setelah melalui serangkaian penilaian Standar Kepatuhan Pelayanan Publik sesuai dengan Undang – undang 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik dan indikator tambahan lainnya pada beberapa OPD sampling pelayanan yang dilaksanakan oleh Tim Ombudsman Republik Indonesia.

Untuk Kabupaten Boalemo OPD sampling penilaian adalah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Sosial PMD, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Puskesmas Paguyaman dan Puskesmas Tilamuta.

Sementara Penjabat Bupati Sherman Moridu dalam penyampaiannya, saya mengucapkan apresiasi terhadap kesungguhan seluruh OPD dalam memberikan pelayanan publik yang terbaik kepada masyarakat. Nilai bukanlah tujuan akhir kita dalam memberikan pelayanan public kepada masyarakat, tujuan akhir kita adalah bagaimana memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Gorontalo beserta jajaran atas keikhlasannya memberikan penguatan dan pembinaan kepada kami di Kabupaten Boalemo. Namun saya mengingatkan agar jangan terlena. Pelayanan publik harus meningkat setiap saat karena ekspektasi masyarakat terhadap pelayanan public makin hari makin meningkat.

Kemudian Pj. Sekretaris Daerah Supandra Nur menambahkan bahwa capaian ini adalah hasil dari proses panjang ikhtiar Pemerintah Kabupaten Boalemo dalam memperbaiki pelayanan publik di Kabupaten Boalemo. Berbagai cara diupayakan seperti melakukan lomba pelayanan publik antar OPD, BUMD, Puskesmas, Kecamatan dan Perwakilan Desa, melakukan pembinaan, penguatan dan pendampingan pelayanan publik dengan menghadirkan Kepala Ombudsman, melakukan penguatan terhadap petugas Front Office seluruh OPD dan penguatan – penguatan langsung ke OPD. Kedepan kami akan melakukan penguatan terhdap petugas pengaduan di OPD.

Penulis : Siskawati Usman
Editor : Moh. Rizal Laiya