Daftar Desa Dapat Bantuan Jamban 621 Unit di Boalemo

Boalemo65 Dilihat

POROSNEWS.ID, Boalemo – Kabupaten Boalemo memperoleh bantuan pelaksanaan pembangunan infrastruktur program Inpres Sanitasi Tahun 2024, sebanyak 621 unit jamban yang tersebar di beberapa desa yang ditandai dengan groundbreaking selama sepekan.

Pekan Groundbreaking program Inpres 2024 tersebut dimulai oleh Penjabat Bupati Boalemo, Sherman Moridu di lokasi Desa Dimito Kecamatan Wonosari yang beroleh 88 unit jamban (9/10/2024).

Lanjut Penjabat Bupati Sherman Moridu, bantuan tersebut tidak lain sebagai wujud komitmen pemerintah pusat dalam hal penyediaan infrastruktur dasar pendukung penanganan kemiskinan ekstrem dan penurunan angka stunting melalui usulan pemerintah daerah pada bulan September 2024, dan Alhamdulilah Kabupaten Boalemo pada bulan Oktober ini direalisasikan usulan tersebut.

Rnciannya sebagai berikut :

– Pembangunan tangki septik individual dengan jumlah 621 unit dengan pagu anggaran Rp.12.585.061.000 yang tersebar di 7 desa yang ada di Boalemo, Desa Dimito sebanyak 88 unit, Saritani sebanyak 168 unit, Desa Limbatihu sebanyak 138 Unit, Desa Pange Sebanyak 110 unit, Desa Pontolo sebanyak 9 unit, Desa Bolihutuo sebanyak 69 unit, Desa Patoameme sebanyak 44 unit.

– Satu unit pengadaan sarana pengangkut rumput tinja (Truk Tinja) pagu anggaran Rp 1.004.550.000

Saya berharap agar seluruh masyarakat di lokus stunting yang beroleh bantuan tersebut supaya terus menggalakkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) juga bergerak bersama dalam mewujudkan desa bebas stunting yang akan mendukung penanganan kemiskinan ekstrem di Boalemo.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas PUPR, Supandra Nur ST, Ketua TP PKK Boalemo DR. Hj. Heldivany Alam Moridu, Asisten III, para pimpinan OPD, Pemerintah Kecamatan Wonosari, Ketua Tim Penggerak PKK Wonosari, Kades Dimito dan masyarakat Dimito. (Adv).