Bapppeda Boalemo Bahas Kemiskinan Ekstrim

Boalemo251 Dilihat

POROSNEWS.ID, Boalemo – Memaksimalkan penanganan penurunan angka kemiskinan dengan melakukan langkah integrasi terkait kemiskinan, sinergitas dengan melakukan aksi serta mereview kinerja melalui program lintas sektor.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bapppeda Boalemo, Srijun T. Dangkua pada Rapat Koordinasi Tim Penanggulangan Kemiskinan Daerah yang bertempat di kantor Bapppeda, Rabu (1/10/2024).

Komitmen bersama di antaranya adalah terlaksananya koordinasi dan konsolidasi yang harmonis antar lintas sektor dalam mendukung pelaksanaan Program penanggulangan kemiskinan.

“Memastikan perencanaan dan penganggaran program kegiatan untuk intervensi prioritas khususnya pada penurunan angka kemiskinan.
Penanganan percepatan kemiskinan di Boalemo sudah menjadi prioritas. Ada dua kategori kemiskinan yang akan ditangani yaitu kemiskinan ekstrem dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutur Kepala Bapppeda.

Adapun yang telah menyampaikan data balikan hasil verfifaly di masing desa yaitu 43 desa di 4 Kecamatan yaitu Kecamatan Wonosari 14 Desa, Paguyaman Pantai 8 Desa, Kecamatan Botumoito 9 Desa, Kecamatan Tilamuta 12 Desa dan yang belum mnyampaikan data balikan sama sekali yaitu 30 Desa yang ada di kecamatan Paguyaman 22 Desa dan Kecamatan Dulupi, 8 Desa sedangkan 9 desa dari kecamatan telah menyampaikan data tetpai datanya belum sesuai format pelaporan P3KE sesuai surat yang pertama dikrimkan pada tanggal 27 Mei 2024 dan kedua pada tanggal 4 Juni 2024.

Hasil yang ingin di capai, memadukan dan mempercepat langkah-langkah nyata penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Boalemo.

Merumuskan kebijakan penanggulangan kemiskinan dengan Tim Penanggulangan Kemiskinan (TKPKD) Kabupaten Boalemo, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SPKD) Kabupaten Boalemo dan Stakeholders Kabupaten Boalemo. Optimalisasi peran TIM Kordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Boalemo.

Sesuai data yang ada dan hasil koordinasi dengan pihak P3KE (Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem) Kemenko PMK RI, Kabupaten Boalemo telah memiliki data P3KE by name by address by NIK yang akan di serahkan secara simbolis. (Adv).