Sangat Seru Dan Menyenangkan Ikut Acara Baca Buku

Boalemo, Pendidikan213 Dilihat

POROSNEWS.ID, Boalemo – Baca Buku 4 Edisi Spesial Kemerdekaan dilaksanakan di Alun-alun Tilamuta pada sore hari. Peserta yang hadir dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua.

Kegiatan dimulai agenda rutin Mobaca Buku yaitu Membaca Senyap. Pada kegiatan ini teman-teman Mobaca diberikan waktu selama 1,5 jam untuk Membaca Buku dari Buku yang dipilih. Buku yang disediakan berasal dari Dinas Perpustakaan Boalemo dan Penggiat Literasi. Saat kegiatan ini teman-teman yang baru hadir juga sembari saling berdiskusi dan membangun jejaring komunikasi.

“Kesan saya selama mengikuti mobaca buku sangat seru karena selain disediakan bacaan yang menarik, kita juga bisa dapat teman baru terus ada games-gamesnya juga jadi makin seru. Pesan dari saya, jangan bosan bosan buat ngadain acara mobaca buku ini harapannya masyarakat yang ada di Tilamuta ini bisa lebih banyak lagi buat ikut di acara mobaca buku, sukses terus buat acaranya”, ujar Fadilah dari SMKN 1 Boalemo

Setelah Membaca Senyap, masuk ke kegiatan perlombaan Master Memorize dan Estafet Gambar. Perlombaan melibatkan seluruh peserta dan dilakukan secara berkelompok. Master Memorize adalah permainan mengingat gambar pada pola tertentu, kemudian menggambarkannya kembali pada kertas kosong secara bergantian. Lomba selanjutnya, yaitu Estafet gambar dimana peserta berbaris kemudian menggambar dipunggung temannya hingga baris paling depan menuangkannya dalam kertas. Teman-teman Mobaca sangat antusias dan dipenuhi gelak tawa.

“Sangat seru dan menyenangkan ketika ikut acara mobaca buku karena dapat teman baru juga, terus pesan dari saya tetap semangat buat kakak-kakak yang ngadain acara mobaca buku, karena acaranya ini sangat sangat meningkatkan literasi dikalangan anak-anak maupun remaja dan juga bisa membangun relasi karena adanya acara mobaca buku. Harapannya, acara mobaca buku tetap berlanjut hingga ke PM² selanjutnya”, tutur Efan salah satu peserta Mobaca Buku yang juga murid SMKN 1 Boalemo.

Setelah perlombaan selesai ditutup dengan foto bersama dan diskusi ringan bagi yang ingin tinggal lebih lama.

Mobaca Buku adalah kegiatan konsisten untuk menumbuhkan minat baca kepada masyarakat boalemo, sehingga dipengumuman akhir perlombaan Pengajar Muda mengumumkan membuka volunteer Mobaca Buku Edisi September untuk berkolaborasi bersama menyelenggarakan Mobaca Buku. Pendaftaran dibuka dari tanggal 2-7 September 2024, dan informasi berpusat di Instagram pmboalemo serta Whatsapp.

Harapannya pendidikan bisa hadir dimana saja, dan salah satu permulaannya dari tumbuhnya minat membaca.

Mobaca Buku Boalemo – Dulo Ito Mobaca! Merdeka!