Kesaktian Pancasila, Sherman Moridu : Jadikan Sebagai Dasar Dalam Kehidupan

Boalemo158 Dilihat

POROSNEWS.ID, Boalemo – Pancasila adalah ideologi negara Indonesia yang terdiri dari lima sila. Meskipun hanya terdiri dari lima poin, Pancasila memiliki banyak makna terkandung di dalamnya.

Hal itu disampaikan oleh Penjabat Bupati Boalemo Dr. Sherman Moridu, S.Pd., MM., yang bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila tingkat Kabupaten yang berlangsung di lapangan Polres Boalemo, Selasa, (1/10/2024).

Olehnya, Hari Kesaktian Pancasila bagian tak terpisahkan dari negara kita, yang dirumuskan oleh pahlawan-pahlawan kita terdahulu.

“Pancasila adalah panduan bagi seluruh penduduk Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tegas Penjabat Bupati Sherman Moridu.

Lima sila yang ada dalam Pancasila seharusnya dapat kita implementasikan dalam tatanan negara dan masyarakat, mengingat bahwa Pancasila adalah cita-cita negara yang memiliki nilai-nilai yang tinggi.

Tapi, bagaimana kita bisa menerapkan Pancasila di negara kita, penerapannya harus mulai dari lingkungan sekitar rumah dengan saling tolong-menolong dengan tetangga, menjaga kerukunan dengan tetangga, dan melakukan tindakan positif lainnya.

Bayangkan jika semua orang menerapkan nilai-nilai positif Pancasila mulai dari keluarga, sekolah, hingga negara. Saya yakin bahwa negara akan menjadi damai dan makmur jika kita teguh pada nilai-nilai Pancasila.

Mari kita terapkan pancasila, cintai bangsa Indonesia, bahasa dan budaya Indonesia agar negara Indonesia dapat menjadi aman, damai, tentram dan sejahtera.

Marilah kita jaga persatuan dan kesatuan, dan bergandengan tangan membangun bangsa ini, khususnya daerah kita Kabupaten Boalemo. Jadikanlah Pancasila sebagai panduan dalam setiap tindakan dan keputusan kita, sehingga Indonesia terus berkembang dan menjadi bangsa yang bermartabat di dunia.

Terakhir, saya berharap agar semangat Pancasila senantiasa menggelora dalam hati kita dan mari jadikan Pancasila sebagai sumber inspirasi dan kekuatan bagi kita semua. (Adv).