Kolaborasi Untuk Menumbuhkan Cinta Baca Bersama Masyarakat Boalemo

Boalemo, Pendidikan419 Dilihat

POROSNEWS.ID, Boalemo – Membaca buku edisi 3 kembali hadir dengan tema “Membaca Nyaring dan Membaca Senyap” berbeda yang sebelumnya namun tetap selaras dengan tujuan awal, dimana menumbuhkan kecintaan membaca bagi masyarakat Boalemo.

Hal itu disampaikan oleh Inti Putri Madinah dari Pengajar Muda di SP3 Saritani Kecamatan Wonosari saat menggelar kegiatan membaca buku yang bertempat di lapangan alun-alun Ibukota Tilamuta, Sabtu (27/7/2024).

Lanjut Inti Putri Madinah, selama 1 jam dari buku yang disediakan di lapak buku ataupun yang dibawa oleh peserta. Buku yang dihadirkan berasal dari kolaborasi bersama teman-teman pegiat literasi dan Dinas Perpustakaan Boalemo.

Agenda selanjutnya disambung “Membaca Nyaring” bersama dengan peserta yang terdiri dari pemuda dan orang tua. Semua peserta mencoba mempraktekan secara estafet, disesi ini juga peserta saling berkenalan dan melakukan ice breaking.

Munculnya gagasan ini berawal dari melihat potensi komunitas yang ada di Boalemo, sehingga memungkinkan untuk saling berkolaborasi serta inginnya meramaikan kecintaan terhadap membaca di masyarakat dengan cara yang menyenangkan.

Harapannya ruang ini bisa saling mempertemukan antar elemen masyarakat maupun stakeholder sehingga tercipta ruang diskusi dalam pendidikan, khususnya minat baca.

Semua edisi ada agenda khusus yaitu membaca senyap, dengan masing-masing perbedaan sebagai berikut :
Edisi 1 : Games edukatif dan mengenalkan mobaca kepada komunitas

Edisi 2 : Mengangkat hari lingkungan hidup, membuka ruang diskusi mengenai pengelolaan sampah dan permainan edukatif untuk anak mengenai sampah.

Keberlanjutan gagasan ini komunitas yang saling bertemu bisa berkolaborasi dan ruang-ruang baca di masyarakat terus bertumbuh sehingga pendidikan terutama membaca serta literasi menjadi PR yang dikerjakan bersama-sama.